Di era digital ini, sistem transaksi online makin marak digunakan. Salah satunya jual beli melalui internet. Hampir semua orang pernah melakukan pembelian secara daring dan menggunakan jasa pengiriman.
Di antara layanan jasa pengiriman tertentu terdapat pengiriman door to door. Istilah ini tidak lagi asing bagi orang yang sering belanja online.
Jika diartikan ke bahasa Indonesia, door to door berarti pintu ke pintu. Maka tidak aneh jika dianggap pengiriman paket hingga ke pintu rumah. Namun, apa sebenarnya pengertian door to door dalam jasa pengiriman barang?
Pengertian Door to Door dalam Jasa Pengiriman Barang
Jasa pengiriman door to door adalah layanan yang menyediakan penjemputan barang langsung dari tempat pengirim lalu diantarkan ke tempat tujuan.
Layanan ini membuat pengirim tidak perlu mendatangi kantor jasa pengiriman maupun membawa barang yang hendak dikirimkan. Biasanya administrasi dan pembayaran akan diproses di tempat pengirim.
Layanan pengiriman door to door umum digunakan untuk mengirimkan barang dari luar negeri. Namun, layanan ini juga dapat digunakan untuk pengiriman lain. Misalnya untuk pengiriman kargo berukuran besar.
Sama seperti layanan pengiriman lain, pengiriman door to door dapat dilakukan menggunakan jalur darat, laut, maupun udara. Umumnya, layanan ini menggunakan jalur darat dan laut yang memakan biaya lebih terjangkau.
Baca juga:
- Pengertian Logistik, Contoh Barang Logistik, Kegiatan dan Jenis Transportasinya
- Mengenal Transportasi Multimoda Agar Lebih Mengetahui Efisiensi Biaya Logistik di Indonesia
Kelebihan Layanan Door to Door
1. Kemudahan
Kelebihan utama dari layanan door to door yaitu menawarkan kemudahan yang paling menguntungkan pengirim. Anda hanya perlu menghubungi jasa pengiriman yang menyediakan layanan door to door.
Proses pengiriman sering kali perlu melalui beberapa tahap dan adminsitrasi menyulitkan, terutama untuk pengiriman kargo besar dan pengiriman lintas negara. Layanan door to door menawarkan solusi singkat untuk mengatasinya.
Penyedia jasa pengiriman akan mengambil barang yang hendak dikirim dan memastikan untuk mengantarkannya ke tempat tujuan.
2. Lebih Hemat Waktu
Dengan menggunakan layanan door to door, Anda tidak perlu menghabiskan waktu untuk repot membawa barang yang hendak dikirim ke kantor penyedia jasa pengiriman. Anda dapat menggunakan waktu untuk aktivitas lain selama proses pengiriman dijalankan.
Kelebihan ini sangat menguntungkan jika Anda mengirimkan barang berukuran besar atau berjumlah banyak. Selain itu, sistem penjemputan juga memungkinkan barang dapat dikirimkan dengan lebih cepat.
3. Menghemat Pengeluaran Bisnis
Layanan door to door dapat mengurangi waktu transit secara signifikan. Karena layanan ini akan langsung mengirimkan barang ke tempat tujuan, Anda juga tidak perlu memikirkan biaya transport per tahap pengiriman, misalnya melalui titik distribusi. Layanan door to door hanya menarik ongkos kirim satu kali saja.
4. Tersedia Asuransi
Penyedia jasa pengiriman umumnya menawarkan layanan door to door disertai dengan asuransi. Hal ini berlaku sebagai jaminan keamanan untuk barang yang dikirimkan.
Pengirim dapat mengklaim ganti rugi jika barang yang dikirim mengalami kerusakan, hilang, dan semacamnya. Adanya asuransi ini juga menjadi indikasi bahwa pihak penyedia layanan pengiriman bertanggung jawab.
Penyedia layanan akan melakukan tindakan optimal untuk memastikan keamanan barang yang dikirimkan. Oleh karena itu, ada baiknya memilih jasa pengiriman yang layanannya mencakup asuransi.
Baca juga:
- Pengiriman Kontainer, Kapasitas Kontainer 40 Feet Berapa Ton?
- Berapa Berat Muatan Container 40 Feet?
Kekurangan Layanan Door to Door
1. Lebih Mahal
Dibandingkan layanan pengiriman biasa, layanan door to door mematok tarif lebih mahal. Hal ini dikarenakan layanan door to door menyediakan jasa penjemputan barang, ini memerlukan biaya tambahan di samping biaya pengiriman.
Biaya yang ditetapkan layanan door to door bersifat all in atau mencakup semua dalam satu pembayaran. Sehingga jumlahnya memang lebih besar dibandingkan jasa pengiriman biasa. Selain itu, pelanggan dapat dikenai biaya lain jika lokasi tujuan terletak jauh dari perkotaan dan sulit dijangkau.
2. Adanya Batasan Pengiriman
Terdapat batasan dalam kapasitas barang yang dapat dikirimkan dengan layanan door to door import. Setiap penyedia jasa pengiriman memang memiliki ketentuan mengenai batas maksimal kapasitas barang.
Sehingga pelanggan sebaiknya menanyakan terlebih dahulu mengenai kapasitas maksimal sebelum menggunakan jasa pengiriman.
3. Penyedia Jasa Terbatas
Layanan door to door tidak tersedia pada semua penyedia jasa pengiriman, apalagi untuk door to door import. Ada banyak alasan yang menyebabkan keterbatasan penyedia jasa ini. Salah satunya ialah jarak tempuh dan rintangan yang bervariasi.
Di Indonesia yang merupakan negara kepulauan, penyedia layanan door to door harus siap melakukan penjemputan dan pengiriman barang dari satu pulau ke pulau lain. Belum lagi jika lokasi tujuan pengiriman berada di tempat yang jauh dari perkotaan.
Fakta Promosi Door to Door
Promosi door to door adalah metode penjualan dengan cara mengirimkan sales langsung ke rumah calon pelanggan. Metode ini sangat marak digunakan di awal tahun 2000-an.
Perusahaan mengirim sejumlah sales yang akan mengetuk pintu rumah dan berpotensi sebagai calon pelanggan. Sales akan melakukan pitching, merupakan upaya untuk memaparkan mengenai produk atau layanan yang ditawarkan untuk memancing minat calon pelanggan.
Biasanya, sales akan memberitahukan berbagai keunggulan produk atau layanan yang ditawarkan. Pitching perlu disertai dengan kemampuan komunikasi yang baik untuk meningkatkan keberhasilan promosi.
Meskipun saat ini promosi door to door disebut sebagai metode konvensional yang kurang sesuai dengan era digital, metode ini memiliki keunggulan tersendiri di antaranya:
1. Membangun koneksi baik dengan pelanggan
Sales yang datang langsung ke rumah calon pelanggan memungkinkan upaya untuk membangun koneksi dengan baik. Melalui teknik komunikasi memadai, koneksi ini akan menentukan tingkat pemasaran produk atau layanan yang ditawarkan.
2. Memungkinkan calon pelanggan melihat sampel
Ketika mengunjungi rumah calon pelanggan, sales umumnya akan membawa sampel produk yang ditawarkan. Sehingga calon pelanggan dapat melihat dan menilai sendiri kualitas dari produk tersebut.
3. Memungkinkan pendekatan secara emosional
Sales yang baik tidak hanya menyampaikan keunggulan produk saja, namun juga memberikan rasa percaya pada calon pelanggan. Mereka akan memutuskan untuk membeli produk atau menggunakan layanan yang ditawarkan.
Kelebihan ini hanya dapat diperoleh melalui interaksi langsung dengan pelanggan yang belum tentu dapat dilakukan melalui metode pemasaran lain.
Baca juga:
- Kenali LCL Dalam Dunia Ekspedisi Pengiriman Barang
- Kenali 10 Alat Berat Tambang Batubara Agar Mudah Melakukan Mobilisasi Pada Proyek
Penutup
Demikianlah penjelasan mengenai pengertian door to door dalam jasa pengiriman barang. Semoga dapat membantu dalam memilih penggunaan jasa pengiriman.
Seperti yang sudah dipaparkan sebelumnya, layanan pengiriman door to door memiliki kelebihan serta kekurangan sendiri. Layanan door to door memang memasang tarif lebih mahal dibandingkan pengiriman biasa. Sehingga ada baiknya untuk mempertimbangkan keuntungan yang akan Anda peroleh sebelum memesan layanan ini.
Walaupun istilahnya sama, pengertian door to door dalam jasa pengiriman barang berbeda dengan door to door dalam promosi.
Ekspedisi LaTolla Melayani Jasa Pengiriman Door to Door
Pengiriman door to door bertujuan menjadi solusi untuk memudahkan pengiriman barang bagi pelanggan. Akan tetapi, tentu saja pelayanan dari setiap jasa pengiriman bisa bervariasi.
Anda tertarik untuk menggunakan layanan door to door dalam pengiriman barang, tapi bingung memilih jasa pengiriman yang tepat? Ekspedisi La Tolla solusinya.
La Tolla melayani jasa pengiriman door to door dengan pelayanan terbaik. Hubungi Whatsapp: 085394596425.